Wisata Religi Islam, 7 Masjid Terbaik & Menarik Di Indonesia

Melakukan kegiatan wisata religi Islam termasuk salah satu cara tepat untuk mengisi waktu liburan dengan lebih bermanfaat. Karena selain mengisi waktu luang, kegiatan wisata religi juga dapat membuka wawasan dan menjadikan pikiran lebih fresh. Tentunya juga semakin mendekatkan diri dengan Allah, Tuhan Yang Maha Esa. 

Dikenal sebagai negara dengan keindahan alam yang indah, Indonesia memiliki banyak tujuan wisata seperti cagar alam, taman nasional, camping ground, dll. Dengan penduduk yang mayoritas beragama Islam, tentunya Indonesia juga memiliki banyak lokasi wisata islami yang cocok untuk dikunjungi. 

Tidak hanya wisata ziarah makam, Indonesia juga memiliki berbagai masjid sebagai destinasi wisata religi untuk pemeluk agama Islam. Ingin tahu apa dan di mana saja lokasi wisata tersebut? Ini dia penjelasannya..

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)

wisata religi islam masjid agung jawa tengah

Berada di Semarang, masjid Agung yang satu ini hadir pada lahan wakaf dengan ukuran luas hingga mencapai 10 hektar. Masjid ini memiliki arsitektur mengagumkan dengan nuansa campuran. Hal ini terlihat dari tampilan arsitektur ala Timur Tengah, Jawa dan juga Romawi.

Ada banyak hal menarik yang ditunjukkan oleh tempat wisata religi Islam di Indonesia yang satu ini. Dimulai dari menara Al Husna dengan tinggi mencapai 99 m, kemudian rumah makan berputar di bagian puncaknya. Selain itu ada pula radio di lantai dasar dan juga bagian atas yang diisi dengan tempat pengamatan Rukyat Al Hilal.

Daya tarik dari masjid ini ditunjukkan melalui keberadaan pilar payung elektrik. Pilar tersebut berada dalam ukuran tinggi 20 meter dan terletak di pelataran masjid. Seperti halnya yang digunakan pada Masjid Nabawi, Madinah.

Masjid Menara Kudus Al Aqsa

menara kudus al aqsa - wisata religi agama islam di indonesia

Sesuai dengan nama yang dimilikinya, masjid ini dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549. Saat pembangunan, batu pertama yang digunakannya berasal dari tempat suci yaitu Baitul Maqdis, Palestina. Itu sebabnya masjid ini juga menggunakan nama Al Aqsa.

Masjid ini hadir dengan arsitektur yang menunjukkan akulturasi antara budaya Islam, Hindu dan juga Budha. Hal ini terlihat melalui bentuk menara seperti candi. Karena pada masa tersebut akulturasi budaya banyak digunakan sebagai cara berdakwah dalam menyebarkan agama Islam.

Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi

wisata religi masjid aschabul kahfi di tuban jawa timur

Masjid Aschabul Kahfi termasuk lokasi yang tidak boleh dilewatkan pada aktivitas wisata religi Islam. Selain keberadaanya yang unik karena terdapat di dalam tanah. Masjid ini juga hadir dengan banyaknya tulisan kaligrafi dan juga aksara Jawa yang menghiasi bagian dindingnya.

Dengan penerangan lampu hias berwarna warni, masjid ini juga banyak dihiasi oleh batu marmer pada bagian dinding. Selain itu, ia juga memiliki tujuh tingkatan kedalaman. Tempat tersebut umumnya digunakan untuk kegiatan dakwah dan juga pondok pesantren.

Masjid Jami Tuban

jalan-jalan ke masjid jami Tuban

Masjid ini telah didirikan sejak tahun 1984, namun pada saat tersebut ia hadir masih dengan tampilan yang sederhana. Pada tahun 2004, mesjid ini mulai direnovasi. Hal tersebutlah yang membuatnya kini tampak megah seperti istana dan dijadikan sebagai tempat wisata religi Islam di Indonesia.

Tidak hanya itu, banyak pula pendapat yang menyatakan bahwa masjid ini adalah masjid terindah yang ada di kawasan Jawa Timur. Mereka yang hadir ke masjid ini umumnya menggunakan paket wisata religi Islam sekaligus melakukan ziarah ke makam Sunan Bonang.

Masjid Namira

masjid namira

Masjid yang satu ini hadir dengan nuansa yang dibuat sama dengan apa yang ada di Arab Saudi. Bahkan tempat wudhunya pun dibuat dengan menggunakan dudukan batu yang telah dilapisi keramik. Selain itu, ada pula kursi lipat yang ditujukan bagi para jamaah yang tidak mampu sholat berdiri.

Hal menarik dari masjid ini adalah adanya potongan tirai penutup dari pintu Kabah yang asli sejak tahun 1420 Hijriah. Potongan kain tersebut diletakkan di depan mihrab imam. Sehingga siapa pun yang sholat di tempat ini seperti orang yang tengah melakukan sholat di depan Kabah.

Masjid Nasional Al Akbar

wisata religi Masjid Al Akbar di Surabaya

Berlokasi di Surabaya, mesjid ini dinyatakan sebagai masjid terbesar kedua yang ada di Indonesia. Untuk masjid dengan luas terbesar tentunya dimiliki oleh Masjid Istiqlal yang ada di Jakarta. Masjid ini seringkali disebut sebagai masjid kubah biru karena arsitekturnya yang hadir dengan tampilan warna biru.

Kemegahan masjid ini akan terlihat jelas dari jalan tol Surabaya – Porong. Tidak hanya itu, masjid ini juga masih aktif digunakan dalam kegiatan dakwah. Selain itu, ada juga berbagai macam hal positif lainnya yang dilakukan di masjid tersebut.

Masjid Kubah Emas Depok

wisata religi islam ke Masjid Kubah Emas Depok

Masjid Jami’ Dian Al-Mahri atau Masjid Kubah Emas adalah sebuah masjid yang dibangun di tepi Jalan Raya Meruyung, Kecamatan Limo, Kota Depok, Jawa Barat. Masjid ini selain sebagai menjadi tempat ibadah shalat bagi umat muslim sehari-hari juga menjadi kawasan wisata religi bagi keluarga dan menarik perhatian banyak orang. 

Kubah-kubah masjid ini terbuat dari lapisan emas. Selain itu, area masjid yang sangat luas dan bebas diakses untuk umum, menjadikan masjid ini sering menjadi tujuan liburan keluarga dan tujuan wisata religi Islam.

Masjid ini dibangun oleh Hj. Dian Djuriah Maimun Al-Rasyid, pengusaha asal Banten, yang telah membeli tanah ini sejak tahun 1996. Masjid ini mulai dibangun sejak tahun 2001 dan selesai sekitar akhir tahun 2006. Masjid ini dibuka untuk umum pada tanggal 31 Desember 2006, bertepatan dengan Idul Adha yang kedua kalinya pada tahun itu. 

Dengan luas 50 hektare, bangunan masjid ini menempati luas area kurang lebih sebesar 60 x 120 meter atau hampir sekitar 8000 meter persegi. Masjid ini sendiri dapat menampung sekitar 20.000 jemaah. Kawasan masjid ini sering disebut sebagai kawasan masjid termegah di Asia Tenggara.

Itulah kiranya beberapa rekomendasi dari lokasi wisata religi Islam berupa masjid yang sebaiknya dikunjungi saat liburan tiba.

Wisata Religi Islam di San Diego Hills

San Diego Hills merupakan pemakaman terbesar dan terindah di Indonesia. Walaupun pemakaman San Diego Hills bukan sebagai destinasi untuk wisata religi Islam di Indonesia, tapi dengan memiliki makam disini secara otomatis juga dapat menikmati indahnya area pemakaman Islam di lokasi pemakaman mewah Karawang ini. 

Karena suasana yang nyaman dan asri, keluarga dapat lebih khusyuk berdoa pada saat ziarah ke makam San Diego Hills. Selain itu, dengan pemandangan yang indah membuat keluarga lebih sering datang untuk berziarah atau wisata religi dan mendoakan almarhum yang telah pergi mendahului kita.

Untuk memesan lahan makam islam dan info harga Sandiego Hills segera hubungi marketing sandiego hill di 0811 9888 959.

Pilihan Lokasi Makam di San Diego Hills

Tipe lahan makam san diego hills
MansionKetersediaan
 Serenity Available
 Crown N/A
 Eden N/A
 Sunshine Available 
 Starlight Available
 AdorationN/A
makam Islam San Diego Hills
MansionKetersediaan
 Al Halim  Available
 Isya
 Available
 Al Jamil Available 
 Mercy Available 
 Charity N/A
 Al MajidAvailable
Pemakaman Chinese san diego hills
MansionKetersediaan
Columbarium Available
Lotus
N/A
Willow N/A
Emerald Available
Cherry Blossom Available
Bong PiN/A

Bagikan informasi ini dengan klik tombol dibawah ini

Share on facebook
Facebook
Share on pinterest
Pinterest
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
0811 9888 959
Chat Whatsapp