Rumah Abu, Columbarium Megah di San Diego Hills

San Diego Hills Memorial Park memiliki pilihan penguburan berupa upper ground burial untuk keluarga yang memiliki tradisi dan kepercayaan upacara pemakaman dengan cara kremasi. Produk yang diberikan oleh San Diego Hills adalah Columbarium atau biasa dikenal dengan nama Rumah Abu.

Rumah Abu

Tentang Columbarium di San Diego Hills

Rumah Abu adalah tempat penghormatan bagi orang meninggal yang telah dikremasi. Umumnya abu jenazah setelah proses kremasi disimpan di sebuah guci yang menyimpan sisa kremasi almarhum. Rumah Abu secara internasional dikenal sebagai “columbarium“, berasal dari bahasa latin “columba” yang artinya burung merpati. Awalnya columbarium merujuk pada tempat tinggal yang diperuntukkan bagi burung merpati yang disebut ”dovecote[1].

Rumah abu columbarium di san diego hills

Konsep rumah abu adalah tempat menitipkan abu jenazah yang sudah dikremasi. Rumah Abu biasanya dimiliki oleh krematorium atau tempat pembakaran jenazah seperti yang ada di Krematorium Cilincing. Beberapa vihara juga menyediakan ruang abu jenazah untuk menyimpan abu dari jenazah penganut agama Budha/Budhist. Menurut kepercayaan, abu jenazah dari orang yang dikremasi tidak boleh disimpan di rumah, sebab “yin” (abu jenazah) tidak boleh berada di tempat yang sama dengan “yang” (orang hidup), sebab dikhawatirkan orang hidup “akan terganggu”. Biasanya abu jenazah dilarung ke laut atau dititipkan ke Rumah Abu atau ruang penitipan abu jenazah[2].

Rumah Abu (Columbarium) di San Diego Hills

San Diego Hills Memorial Park memiliki Rumah Abu dengan nama “Breath of Life“. Rumah abu di San Diego Hills ini terletak di area Garden of Creation, area yang sangat nyaman untuk berziarah dan lokasinya cukup dekat dengan kantor pemasaran.

columbarium rumah abu san diego hills

Columbarium di San Diego Hills menggunakan konsep semi outdoor yang pertama di Indonesia dengan arsitektur bangunan yang megah di tengah hutan pinus yang hijau dan tertata rapi. Bentuk bangunan Columbarium di San Diego Hills dominan dengan pilar-pilar yang besar, selain terlihat kokoh, bentuk arsitekturnya sangat artistik dan elegan. 

San Diego Hills menyiapkan 1390 unit kotak abu untuk menyimpan guci dari jenazah yang dikremasi. Kotak abu tersebut disimpan di dalam lemari yang terbuat dari batu granit agar kotak abu lebih tahan lama dan awet meskipun berada di bangunan semi outdoor.

Kotak Abu

Di dalam Columbarium terdapat lemari besar berupa susunan kotak yang terbuat dari granit. Susunan kotak abu itulah yang digunakan untuk meletakkan abu jenazah, dan biasanya abu jenazah disimpan terlebih dahulu di dalam sebuah guci.

Semua kotak abu memiliki ukuran volume yang sama. Untuk ukuran luar memiliki panjang 30 cm, lebar 30 cm, dan tinggi 30cm. Sedangkan untuk volume dalam memiliki ukuran panjang 28 cm, lebar 28 cm, dan tinggi 28 cm. Yang perlu diperhatikan adalah ukuran guci untuk meletakkan abu jenazah tidak boleh melebihi ukuran dalam, agar guci dapat sesuai dengan kotak abu yang telah disediakan.

Rumah Abu adalah tempat penghormatan bagi orang meninggal yang telah dikremasi. Umumnya abu jenazah setelah proses kremasi disimpan di sebuah guci yang menyimpan sisa kremasi almarhum. Rumah Abu secara internasional dikenal sebagai “columbarium“, berasal dari bahasa latin “columba” yang artinya burung merpati. Awalnya columbarium merujuk pada tempat tinggal yang diperuntukkan bagi burung merpati yang disebut ”dovecote[1].

kotak abu

Untuk membuka atau menutup kotak abu ini harus menggunakan kunci khusus. Prosesi pemakaman ataupun ziarah dengan membuka dan menutup kotak abu akan dibantu oleh petugas dari pihak San Diego Hills. Ada biaya yang harus dikeluarkan ketika keluarga ingin membuka dan menutup kotak abu tersebut. Biaya yang dikenakan adalah sebesar Rp.400.000,- setiap kali membuka dan menutup kotak abu.

Level Tingkatan dan Blok Penomoran Kotak Abu

Kotak abu memiliki tiga level tingkatan :

  • Eye level
  • Heart level
  • Low Level

Selain level tingkatan, di dalam Columbarium juga dibuat beberapa blok agar mudah mengingat area serta blok yang dipilih. Dalam setiap blok terdiri dari 4 kotak rumah abu dengan penomoran : 1,2,3, dan 5.

Blok Rumah abu

Kelebihan Rumah Abu (Columbarium) di San Diego Hills

Dibandingkan dengan tempat penyimpanan abu jenazah di tempat lain, Rumah Abu di San Diego Hills memiliki banyak kelebihan. ini adalah 8 kelebihan Rumah Abu (Columbarium) di San Diego Hills :

  1. Tidak ada lagi biaya sewa ataupun perpanjangan.
  2. Lokasinya asri dengan taman dan pemandangan yang indah.
  3. Bangunan Columbarium yang kokoh dan estetik.
  4. Keamanan terjaga 24 jam.
  5. Sistem pengamanan kotak abu menggunakan 2 pintu (double secure), dilengkapi dengan baut pengunci pada bagian dalam yang terbuat dari bahan Granit star White yang kuat dan estetis.
  6. Kotak abu tahan terhadap cuaca panas dan hujan.
  7. Dilengkapi berbagai fasilitas seperti restoran, food mart, kolam renang, serta area parkir yang luas dan nyaman untuk keluarga.
  8. Unit kotak abu bisa dipasang foto dengan plat nama graffir dan bunga.
Plat foto kotak abu

Biaya nisan atau plat nama graffir terbuat dari logam :

  • Rp 800.000 untuk plat tanpa foto.
  • Rp 1.000.000 untuk plat dengan foto.

Harga Rumah Abu (Columbarium) di San Diego Hills

Harga kotak abu yang ada di Columbarium San Diego Hills bervariasi, tergantung level tingkatan pada masing-masing blok. Posisi Heart Level dan Eye Level biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibanding posisi Low Level.

Berikut ini adalah contoh harga unit paling rendah dan harga unit paling tinggi berdasarkan data Sistem Informasi San Diego Hills. Untuk ilustrasi harga digunakan contoh harga cash dan harga cicil 12x.

Harga Rumah Abu Paling Rendah

Harga Rumah Abu San Diego Hills

Harga Rumah Abu Paling Tinggi

Harga Rumah Abu San Diego Hills
pemakaman di rumah abu San Diego Hills
Rumah Abu
Play Video

Untuk pemesanan silakan hubungi kami via telpon atau Whatsapp di 0811 9888 959.

Bagikan informasi ini dengan klik tombol dibawah ini

Share on facebook
Facebook
Share on pinterest
Pinterest
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp