PEMAKAMAN COVID PENUH?? INI HARGA MAKAM SAN DIEGO HILLS UNTUK COVID

Kasus kematian akibat virus Covid-19 meningkat tajam di Indonesia, setelah sempat mereda pada awal Maret 2021 ternyata varian baru virus Corona ini justru memiliki serangan balik yang lebih mematikan. Ini menyebabkan krisis lahan makam dan pemakaman Covid penuh di beberapa daerah.

Data statistik Covid pada pertengahan Juli 2021 menunjukan adanya lonjakan kasus baru, dimana jumlah warga Indonesia yang positif Covid berjumlah 36,197. Untuk jumlah kematian, dampak akibat virus ini juga mengalami peningkatan, dengan jumlah yang tercatat sebanyak 67,355 korban meninggal karena Covid-19 ini.

data kasus baru covid 19 Indonesia

Tempat Pemakaman Covid Penuh

Setelah bulan Juni lalu TPU Srengseng Sawah dinyatakan penuh dan tidak menerima pemakaman lagi, pada tanggal 7 Juli 2021 TPU Tegal Alur juga mengumumkan bahwa pemakaman untuk non muslim khusus pemakaman Covid penuh.

Sebelumnya pemakaman Islam di TPU Tegal Alur ini juga telah dinyatakan sudah tidak bisa menerima pemakaman baru lagi pada Januari 2021. Selama 2 minggu terakhir pada bulan Juli ini proses pemakaman memang didominasi oleh pemakaman Covid, dimana dalam sehari bisa mencapai lebih dari 50 pemakaman.

pemakaman covid penuh

Krisis lahan makam ini menjadi masalah baru dalam penanganan Covid-19 khususnya untuk kota besar seperti Jakarta. Berbagai solusi dicari, mulai dari membangun area makam baru di Rorotan, Jakarta Utara, hingga rencana mengucurkan anggaran Rp.254 miliar untuk pengadaan tanah makam terkait pasien dengan protokol Covid-19. Bahkan pihak MUI pun ikutan menyodorkan solusi pemakaman massal bagi jenazah yang positif Covid.

Mau Dimakamkan Dimana?? 

Banyak keluarga yang berduka karena kematian akibat Covid ini hanya pasrah menerima kondisi jenazah yang akan dimakamkan di pemakaman Covid. Protokol pemakaman Covid tidak memperkenankan keluarga untuk membawa almarhum dibawa ke rumah ataupun rumah duka untuk sejenak melihat almarhum terakhir kalinya. Jangankan untuk membawa ke rumah, pada saat pasien meninggal saja jenazah sudah tidak boleh dikunjungi. Keluarga harus pasrah menerima ketentuan pemakaman yang ditetapkan, termasuk di TPU mana jenazah akan dimakamkan.

Lain hal dengan keluarga yang memiliki kemampuan finansial lebih baik yang bisa membeli lahan makam di pemakaman mewah, seperti San Diego Hills Memorial Park atau Al Azhar Memorial Garden, dimana kedua pemakaman itu memang memiliki area lahan makam covid yang diperjualbelikan. Keluarga masih memiliki opsi untuk menentukan dimana jenazah almarhum yang terkena Covid dapat dimakamkan. 

makam covid san diego hills

Kondisi Pemakaman Covid Milik Swasta

Bagaimana dengan pemakaman swasta yang core business-nya memang menjual pemakaman khusus Covid??

Di pemakaman San Diego Hills Karawang terjadi lonjakan jumlah pemakaman khususnya untuk pemakaman Covid-19 sejak awal Juni hingga pertengahan Juli 2021 ini. Dalam sebulan terakhir ini angka pemakaman per hari bisa mencapai 23 penguburan di area makam khusus Covid. 

Pada bulan-bulan sebelumnya tidak pernah menyentuh lebih dari 5 penguburan untuk jenazah Covid, bahkan area makam khusus Covid pada pemakaman non muslim, mansion Emerald, dinyatakan penuh pada 8 Juli 2021. Sandiegohills harus membuat satu area khsusus pemakaman Kristen dan Budha (non muslim) di mansion baru bernama Emerald View.

Emerald View San Diego Hills covid

Untuk area makam Covid Islam San Diego Hills yang berada di Mansion Al Jamil unitnya masih tersedia, walaupun mulai berkurang jumlah ketersediaannya. Dalam waktu dekat ini area pemakaman muslim di Al Jamil akan menambah 46 unit makam Tipe single untuk menambah ketersediaan makam Islam untuk Covid di San Diego Hills.

Makam Covid San Diego Hills

Setelah kehabisan lahan makam Covid di Emerald Mansion, San Diego Hills menyiapkan lagi lahan pemakaman Covid baru untuk pemakaman non muslim dengan nama Emerald View. Di area ini disediakan 264 unit tipe Single Exclusive, makam Covid satuan dengan standar pemakaman untuk jenazah Covid-19. Harga yang ditawarkan untuk pemakaman non muslim ini sama dengan area pemakaman muslim khusus Covid milik San Diego Hills.

Harga Makam San Diego Hills Untuk Covid

Pada Juli 2021 ini San Diego Hills melakukan launching harga untuk tipe satuan atau tipe single dengan harga Rp.130 juta untuk satu unit makamnya. Harga ini berlaku untuk makam non muslim maupun makam muslim di San Diego Hills. Harga San Diego Hills ini belum termasuk paket biaya pemakaman. Biaya pemakaman khusus Covid sendiri dipatok sebesar Rp.28,8 juta untuk acara pemakaman jenazah Covid.

Tipe Makam San Diego Hills Untuk Covid

Selain tipe Single Exclusive, pihak San Diego Hills juga menyediakan tipe makam yang lebih private. Makam dengan pembatas tembok atau tanaman untuk 2 unit slot makam dengan nama Tipe Semi Private. Tipe makam Semi Private ini juga dapat digunakan untuk penguburan jenazah Covid. Tipe ini lebih eksklusif karena makam memiliki pembatas tembok atau tanaman, selain itu tipe makam ini juga memiliki akses jalan sendiri untuk tiap-tiap makamnya.

Untuk Tipe Semi Private San Diego Hill ditawarkan dengan harga mulai dari Rp.428 juta sampai Rp.521 juta, tergantung luas makam yang dijual. Semakin luas lahan makam semakin tinggi harganya.

Selain kedua tipe diatas, San Diego Hills masih memiliki tipe lain yang bisa digunakan untuk pemakaman Covid. Tipe yang lebih tinggi dari tipe Single Eksklusif dan tipe Semi Private adalah tipe Private Estate dan Tipe Peak Estate. Tipe Private Estate dibandrol dengan harga mulai dari 1 miliar, sedangkan tipe Peak Estate ditawarkan dengan harga mulai dari 4 miliar rupiah. Masing-masing tipe tentu memiliki kelebihan makam tersendiri, tergantung kebutuhan keluarga.

Makam Covid Pilihan Keluarga

Diatas adalah gambaran harga makam Covid di tempat pemakaman milik San Diego Hills Memorial Park. Pemilihan lokasi pemakaman jenazah Covid kembali kepada pilihan dan keputusan keluarga yang berduka, tentunya menyesuaikan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki oleh keluarga almarhum. 

Terlepas dari permasalahan pemakaman dan harga makam Covid, semoga pandemi ini dapat segera selesai. Permasalahan terkait Covid-19 dapat cepat teratasi dan keadaan dapat normal kembali. 

Bagikan informasi ini dengan klik tombol dibawah ini

Share on facebook
Facebook
Share on pinterest
Pinterest
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
0811 9888 959
Chat Whatsapp