CARA MENGURUS PEMAKAMAN DI TPU DAN DI SAN DIEGO HILLS

Bagaimana cara mengurus pemakaman di TPU pada saat keluarga mengalami kedukaan?? Bagaimana alur dan prosedur pengurusannya??

Tentu banyak orang yang belum mengetahui seluk beluk mengurus administrasi pada saat terjadi musibah kematian. Biasanya karena prosedur ini tidak dilakukan setiap hari, sehingga banyak keluarga yang kebingungan untuk mengurus izin pemakaman anggota keluarganya. 

CARA URUS MAKAM DI TPU SAN DIEGO HILLS.

Walaupun keluarga sebelumnya pernah mengurus izin pemakaman, tidak serta merta mengurus izin pemakaman menjadi mudah. Karena jenazah harus segera dimakamkan dan keluarga dalam suasana duka, cara mengurus pemakaman dan dokumen perizinan menjadi perhatian khusus agar tidak membuang waktu pada saat mengurus izin pemakaman.

Tata Cara Mengurus Pemakaman

Untuk mengurus pemakaman, yang pertama kali harus dilakukan adalah mengurus Izin Pemakaian Tanah Makam (IPTM). Keluarga ahli waris meminta surat keterangan atau surat pengantar dari RT/RW untuk selanjutnya meminta surat pengantar ke kelurahan sesuai alamat KTP.

Berikut dokumen-dokumen yang harus disiapkan untuk mengurus IPTM ke kelurahan :

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) dari ahli waris/keluarga asli dan fotokopi.
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) dari orang yang meninggal asli dan fotokopi.
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) dari saksi atau kerabat dekat asli dan fotokopi.
  • Surat Keterangan Kematian dari rumah sakit asli dan fotokopi.
  • Surat Pengantar dari RT/RW.
CARA URUS PEMAKAMAN DI PTSP JAKARTA

Baca juga : Biaya Pemakaman di Jakarta

Selanjutnya langkah-langkah cara mengurus pemakaman di Kelurahan adalah :

  • Datang ke kelurahan sesuai alamat di KTP, kemudian minta surat pengantar kematian dengan menunjukkan dokumen-dokumen yang sudah dipersiapkan.
  • Setelah mendapat surat pengantar dan surat keterangan kematian dari kelurahan, datang ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) dan pilih petak makam.
  • TPU akan memberikan surat pengantar untuk mengurus Surat Ketetapan Retribusi Daerah (SKRD) sesuai dengan blok makam yang akan digunakan.
  • Datang ke loket Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) untuk mengurus IPTM. Apabila tidak ada loket PTSP, tanyakan kepada petugas kelurahan.
  • Di loket Anda akan diarahkan untuk membayar retribusi di bank yang telah ditunjuk. Setelah membayar Anda akan diberi nomor validasi yang harus diserahkan kembali ke loket PTSP.
  • Kembali ke kantor kelurahan dengan membawa nomor validasi untuk menerima IPTM.
  • Penguburan jenazah tidak dipungut biaya. Fasilitas tenda, kursi, sound system, dan jasa gali kuburan juga gratis apabila tersedia di TPU.
  • IPTM berlaku tiga tahun sejak pemakaman. Apabila masa berlaku telah habis harus dilakukan perpanjangan melalui petugas kelurahan dan TPU.

Mengurus Pemakaman di San Diego Hills

Bagaimana cara mengurus pemakaman jika keluarga sudah memiliki lahan makam di San Diego Hills?

CARA MENGURUS PEMAKAMAN DI TPU SAN DIEGO HILLS

Caranya hanya tinggal hubungi Emergency Call San Diego Hills di 0816 908 909, atau hubungi marketing San Diego Hills untuk mengabarkan kedukaan dan rencana pemakaman. Selanjutnya pihak San Diego Hills akan memandu secara remote apa saja yang harus disiapkan. 

Dokumen Mengurus Pemakaman di San Diego Hills

Dokumen pemakaman di San Diego Hills hanya perlu menyiapkan:

  • KTP almarhum.
  • Surat Keterangan Kematian.
  • Surat Kepemilikan Makam San Diego Hills (SKM).

Dokumen dapat dikirimkan secara online, baik via Whatsapp (WA) ataupun email. Cara mengurus pemakaman seperti ini tidak merepotkan, karena dapat dilakukan secara remote, tanpa harus bolak-balik datang ke TPU dan ke Kelurahan. Keluarga dapat fokus mengurus keluarga yang sedang berduka.

Itulah cara mengurus pemakaman baik di TPU milik pemerintah Daerah dan juga di TPU San Diego Hills. Kembali ke pilihan keluarga untuk menentukan bagaimana cara yang paling nyaman dalam mengurus izin pemakaman keluarga pada saat terjadi kedukaan.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

KATEGORI

Bagikan informasi ini dengan klik tombol dibawah ini

Share on facebook
Facebook
Share on pinterest
Pinterest
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Scroll to Top