Istri Pendiri Astra, Lily Soeryadjaya Wafat, Rencana Dimakamkan di San Diego Hills

Berita duka datang dari keluarga besar Astra Group dan Saratoga Investama. Istri pendiri Astra Grup William Soeryadjaya, Lily Soeryadjaya, meninggal pada hari Selasa tanggal 29 Juni 2021. Sepeti dilansir Tempo, Lily mengembuskan napas terakhir pada pukul 01.40 WIB di Rumah Sakit Medistra, Jakarta.

“Benar, pagi ini di RS Medistra,” ujar Head of Corporate Communications at PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (perusahaan yang didirikan anak Lily, Edwin Soerdjaya) Catharina Latjuba.

Catharina mengatakan jenazah Lily akan dimakamkan di San Diego Hills. Saat ini jenazah masih disemayamkan di rumah duka Sentosa, RSPAD, Jakarta Pusat, namun belum diketahui kapan waktu dimakaman ke San Diego Hills,  saat dikonfirmasi pihak Tempo, Selasa.

lily soeryadjaya meninggal dimakamkan di san diego hills

Lily Soeryadjaya merupakan istri dari pendiri Astra, William Soeryadjaya. Lily wafat di usia 97 tahun.

Lily Soeryadjaya dan William Suryadjaya menikah Januari 1947. Pada tahun  2007, William dan Lily merayakan usia pernikahan ke-60. Pernikahan tersebut dikaruniai 4 orang anak yakni Edward Soeryadjaya (21 Mei 1942), Edwin Soeryadjaya (17 Juli 1948), Joyce (14 Agustus 1950), dan Judith (14 Februari 1952).

Pada 1957, William bersama adiknya, Tjia Kian Tie, dan temannya, Lim Peng Hong serta Teddy Thohir, mendirikan PT Astra yang belakangan berkembang menjadi PT Astra Internasional Tbk. (ASII).

Rencana Dimakamkan di San Diego Hills

Lily Soeryadjaya dimakamkan hari Sabtu tanggal 3 Juli 2021 di makam keluarga Soeryadjaya yang berada di Eden Mansion San Diego Hills Memorial Park. Seperti diketahui, keluarga pendiri Astra ini memang memiliki pemakaman tipe Peak Estate yang terletak di Serenity Mansion dan di Eden Mansion, area makam universal di San Diego Hills yang dapat digunakan untuk makam agama Kristen, Katholik, ataupun Budha. Lokasi makam Serenity Mansion dan Eden saat ini sudah sold out, dan San Diego Hills kini mengembangkan makam baru dengan nama Serenity Hills dan Sunshine Mansion

Baca juga : Info Terbaru San Diego Hills

makam william soeryadjaya pendiri astra

Profil William Soeryadjaya, Suami Lily Soeryadjaya

William Soeryadjaya, a.k.a. Tjia Kian Liong (Chinese: 謝建隆; pinyin: Xiè Jiànlóng; December 20, 1922 – April 2, 2010), yang juga dikenal sebagai “Om Willem”, lahir di Majalengka, adalah seorang pengusaha Tionghoa Indonesia yang ikut mendirikan Astra International, adalah konglomerat besar di Indonesia.

Dia kehilangan orang tuanya pada usia 12 tahun dan harus menghentikan pendidikannya pada usia 19 tahun. Namun ia melanjutkan pendidikannya di tahun-tahun berikutnya dan belajar di Leder & Schoenindustrie di Belanda.

Soeryadjaya mendirikan Astra yang saat itu merupakan perusahaan dagang, bersama saudaranya, Tjia Kian Tie, pada tahun 1957. Perusahaan itu tumbuh menjadi pengecer mobil terbesar di Indonesia. Perusahaan yang juga memiliki bisnis keuangan, perkebunan, manufaktur suku cadang mobil, mesin berat dan jasa pertambangan dan otomotif ini menjual sepeda motor Honda, BMW, Daihatsu, Peugeot, Citroen dan kendaraan Toyota di seluruh Indonesia.

William Soeryadjaya Pendiri Astra Grup dimakamkan di san diego hills

Pada Maret 2010, Astra menyalip Telkom Indonesia sebagai perusahaan paling bernilai di Indonesia. Soeryadjaya kehilangan kendali atas Astra pada tahun 1992, ketika ia menjual sebagian besar saham keluarganya untuk menyelamatkan Bank Summa milik putra sulungnya, Edward Soeryadjaya, yang mengalami krisis kredit dan akhirnya ambruk.

Dia secara pribadi menjamin semua deposan Bank Summa uang mereka kembali, dan semua deposan menerima uang mereka kembali dengan bunga tanpa menggunakan paket bailout dari pemerintah dengan mengorbankan kepemilikannya di Astra.

Berita kematian Lily Soeryadjaya yang akan dimakamkan di San Diego Hills menambah daftar keluarga Soeryadjaya yang dimakamkan di pemakaman mewah ini. Seperti diketahui, William Soeryadjaya meninggal di Jakarta pada 2 April 2010, dalam usia 87 tahun dan juga dimakamkan di San Diego Hills.

Baca juga : Istri Menkumham Yasona Laoly dimakamkan di San Diego Hills

Play Video

Untuk memiliki lahan makam, San Diego Hills memiliki beberapa pilihan paket yang ditawarkan, diantaranya:

Bagikan informasi ini dengan klik tombol dibawah ini

Share on facebook
Facebook
Share on pinterest
Pinterest
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
0811 9888 959
Chat Whatsapp