7 Fakta Pemakaman San Diego Hills Yang Menarik Untuk Diketahui

Fakta pemakaman San Diego Hills yang terkenal akan kemewahannya ini sangat menarik untuk kita ketahui. Pemakaman ini bisa menjadi persembahan terakhir dan terbaik untuk orang terkasih yang telah berpulang ke sisi-Nya.

Tempat ini memang sangat pantas anda tujukan sebagai rumah masa depan bagi orang yang berpulang. Selain itu, tempat ini juga akan sangat nyaman ketika anda ingin berziarah ke makam orang tersebut.

4 fakta pemakaman san diego hills

San Diego Hills adalah area pemakaman yang menawarkan berbagai fasilitas pemakaman yang sangat lengkap dengan layanan berkualitas. Pemakaman eksklusif ini memiliki total luas lahan sekitar 500 hektar, dengan berbagai fasilitas pemakaman seperti restoran La Collina khas Italia, fasilitas kolam renang San Diego Hills, hingga gedung serbaguna berkapasitas mencapai 250 orang.

Sejarah berdirinya pemakaman San Diego Hills berlandaskan pada semua agama yang ada di Indonesia. Area pemakaman yang dibangun mulai dari area Pemakaman Islam, area Pemakaman Kristen, dan area Pemakaman Chinese/Cina/Tionghoa/Budha. Selain itu pendirian makam di Karawang ini memiliki konsep pemikiran bahwa dalam mengantar orang yang telah berpulang haruslah sesuai dengan kaidah, khidmat, dan pantas.

Pemakaman chinese san diego hills

Inilah Berbagai Fakta Pemakaman San Diego Hills

Semua hal yang disediakan oleh pihak pemakaman tentu tidak lain untuk menghormati setiap penganut tradisi dan agama di Indonesia. Tanpa mengurangi dalamnya nilai-nilai spiritual yang ada pada setiap tradisi dan agama. Berikut berbagai fakta pemakaman San Diego Hills yang bisa anda simak.

1. Mempunyai Konsep Tiga Area Pemakaman

Selain memiliki area pemakaman Covid-19, fakta pertama yang dimiliki pemakaman ini adalah adanya konsep tiga area pemakaman. Pemakaman di Karawang, Jawa Barat ini bisa digunakan untuk memakamkan semua orang, siapapun dengan agama apapun. 

Hal itu disebabkan karena pemakaman ini memiliki 3 area besar. Diantaranya yaitu nuansa Muslim di area Pemakaman Islam, nuansa Tionghoa di Pemakaman Chinese, serta nuansa Universal yang ditujukan untuk agama Kristen, Katolik, Hindu, dan Budha.

Untuk area makam Islam di San Diego Hills sendiri terinspirasi dari konsep lima rukun Islam. Fakta pemakaman Islam San Diego Hills selanjutnya adalah luasnya sekitar 25 hektar dan dirancang oleh Dr. Mona Siddiqui.

Beliau adalah seorang profesor dari Glasgow University jurusan Islamic Studies and Public Understanding. Selain itu, juga dirancang oleh Janet Benton yang merupakan seorang konsultan lansekap dari Skotlandia.

Pemakaman Islam san diego hills

2. Pemakaman Bisa Digunakan Untuk Keperluan Non Pemakaman

San Diego Hills ini selain terlihat mewah juga sangat indah layaknya tempat wisata. Makam yang tertata dengan rapi, lingkungan bersih, sekaligus didukung dengan bangunan mewah lainnya. Bangunan kokoh di Columbarium atau Rumah Abu San Diego Hills terlihat sangat megah dan indah jika dilihat dari area pemakaman kristen San Diego Hills.

Perlu diketahui bahwa area pemakaman Sandiegohills ini tidak hanya bisa digunakan untuk memakamkan jenazah saja. Tetapi juga bisa digunakan untuk berbagai acara penting lainnya. Sebut saja sebagai tempat makan, foto prewedding, pernikahan, jalan-jalan, berenang, dan masih banyak hal lain.

Fasilitas San Diego Hills

3. Harga San Diego Hills Yang Dibanderol Berbeda-beda

Pemakaman San Diego Hills sendiri memiliki berbagai tipe makam. Tipe tersebut adalah pemakaman Tipe Single, Semi Private, Private, dan Peak Estate. Harga San Diego Hills untuk masing-masing tipe berbeda, tergantung luas lahan makam.

Fakta pemakaman San Diego Hills selanjutnya dinyatakan oleh Suziany Japardi, bahwa saat awal berdirinya San Diego Hills harga yang dibanderol hanya sebesar Rp.3 juta saja. Itu saja sudah termasuk dengan biaya perawatan untuk selamanya.

Namun, karena seiring berjalannya waktu harga makam San Diego Hills mulai meningkat. Tipe single burial saja harga mulai dari Rp.50 juta sampai Rp.84 juta.

Sedangkan untuk tipe makam semi private dibanderol dengan harga mulai dari Rp.224 juta hingga Rp.457 juta. Sementara untuk tipe pemakaman private estate memiliki harga mulai dari Rp.650 juta sampai Rp 1,7 miliar.

4. Lokasi Pemakaman Orang Penting dan Terkenal Indonesia

Mengagumkannya lagi, banyak orang terkenal dan penting di Indonesia yang dimakamkan disini. Artis yang dimakamkan di San Diego Hills seperti Ferry Wijaya (suami artis Ririn Ekawati), Raymond Hartanto (adik Boy William), Arswendo Atmowiloto. Dan yang paling terkenal mungkin saat menjadi lokasi pemakaman Ashraf Sinclair (suami Bunga Citra Lestari).

Artis dimakamkan di San Diego Hills - pemakaman ashraf sinclair

Tak hanya itu, pemakaman ini juga jadi tempat peristirahatan terakhir para pengusaha terkenal. Sebut saja William Suryajaya (Founder Astra), Michael Ruslim (Presiden Direktur Astra International), Hari Sabarno (Mantan Menteri Dalam Negeri), hingga Soetjipto Sosrodjojo (Pendiri PT Sinar Sosro).

Fakta pemakaman San Diego Hills selanjutnya bahwa sepupu mantan Presiden Soeharto, Sudwikatmono beserta istrinya juga dimakamkan di pemakaman mewah di Karawang ini.  Sudwikatmono merupakan pendiri dan mantan pemilik PT. Bank Surya, Komisaris PT. Indika Entertainment, serta Komisaris PT. Bogasari Flour Mills.

5. San Digo Hills Makam Milik Lippo Group

Sejarah berdirinya pemakaman San Diego Hills ini merujuk pada pengalaman pemilik San Diego Hills yaitu Mochtar Riady, pendiri Lippo Group. Sekitar pada tahun 2000-an, pada saat ia memindahkan makam orang tuanya dari Malang ke Karawang.

Alasan dari pemindahan tersebut karena ia merasa tidak nyaman terhadap suasana pemakaman sebelumnya. Selama perjalanan tersebut, Mochtar berpikir mengapa Lippo Group tidak mendirikan memorial park yang bagus saja.

Pihaknya pun terinspirasi dari pemakaman Forest Lawn yang ada di Amerika Serikat. Yang mana makam tersebut dibuat tidak menyeramkan, namun berkonsep memorial park, indah dan nyaman.

Pada akhirnya, konsep tersebut diterapkan untuk membangun San Diego Hills ini pada tahun 2007. Tujuan dari pembuatan pemakaman San Diego Hills ini adalah peziarah bisa mengunjungi makam sekaligus melakukan wisata di San Diego Hills secara nyaman.

6. Terdapat Restoran Khas Italia

Menariknya lagi, pemakaman mewah ini tersedia fasilitas tempat makan atau restoran bernama Restoran La Collina. Restoran San Diego Hills di Karawang ini nuansanya memang dibuat seperti pedesaan Italia. Restoran San Diego Hills ini memiliki menu makanan khas Italia yang beragam. Terdapat juga masakan internasional dan makanan khas Indonesia yang bisa anda coba.

La Collina Restoran San Diego Hills

Seluruh masakan yang tersedia disini tentu dibuat oleh chef yang sangat profesional. Selain masakan, interiornya pun  dijamin akan membuat anda merasa betah untuk berlama-lama disana.

Fakta pemakaman San Diego Hills lainnya adalah restoran La Collina ini lengkap dengan kolam renang untuk anak-anak dan orang dewasa. Karena restoran dibuka untuk umum, semua orang bisa mengunjungi tempat ini.

Kolam renang di San Diego Hills

7. Untuk Biaya Pemakaman Tersedia Paket Standard, Deluxe, VIP, dan VVIP.

Untuk paket biaya pemakaman San Diego Hills menawarkan beberapa paket acara pemakaman, mulai dari paket biaya pemakaman standar yang terdiri dari 2 tenda dan 50 kursi. Kemudian juga ada paket biaya pemakaman deluxe yang terdiri dari tenda seluas 108 m2 dan 100 kursi. 

Jika ingin lebih lengkap, bisa memilih paket pemakaman VIP dan Paket Pemakaman VVIP. Karena paket ini menggunakan ruang tertutup ber-AC dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas keren lainnya. Sehingga konsumen bisa memesan paket pemakaman yang sesuai dengan keinginan dan budget untuk pemakaman keluarga. 

Paket pemakaman VVIP san diego hills

Itulah beberapa informasi mengenai fakta pemakaman San Diego Hills yang menarik untuk diketahui. Berkat fasilitas dan kenyamanan yang maksimal, tidak heran jika banyak keluarga yang sudah membeli makam San Diego Hills di Karawang ini.

Bagikan informasi ini dengan klik tombol dibawah ini

Share on facebook
Facebook
Share on pinterest
Pinterest
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Scroll to Top