8 Keluarga Artis Yang Dimakamkan di San Diego Hills

Pemakaman San Diego Hills kini tidak hanya terkenal sebagai makam bagi kalangan berduit dan pejabat saja. Pemakaman yang memiliki konsep modern dan taman yang indah ini juga mulai populer sebagai makam artis terkenal dan semakin dikenal luas di Indonesia. Hal ini dikarenakan jumlah artis yang dimakamkan di pemakaman ini semakin hari semakin bertambah.

Popularitas Pemakaman San Diego Hills saat ini tidak hanya bagi kalangan jetset yang umum dimakamkan di pemakaman mewah saja, masyarakat yang awalnya tidak mengetahui pemakaman San Diego Hills saat ini pun mulai familiar dengan pemakaman yang terletak di Kabupaten Karawang tersebut.

trend baru di san diego hills

Sejak kepergian Ashraf Sinclair, suami dari artis dan pemain film Bunga Citra Lestari (BCL), yang meninggal pada pertengahan Februari tahun 2020, nama San Diego Hills Memorial Park sering terdengar di telinga masyarakat sebagai tempat peristirahatan terakhir almarhum Ashraf Sinclair. Kepergian Ashraf memang sangat tidak diduga, ini dikarenakan kondisi almarhum sebelumnya tidak menunjukan gejala sakit, dan usia Ashraf saat itu relatif terbilang muda. Terlebih pada saat kematian sang suami, BCL saat itu sedang tenar sebagai salah satu juri di ajang pencarian bakat Indonesian Idol. Kepergian Ashraf bahkan menjadi trending topic di berbagai platform media sosial tidak hanya di Indonesia, tapi juga di Malaysia sebagai negara asal keluarga Sinclair.

Pemakaman San Diego Hills berbeda

Deretan Artis Yang Dimakamkan Di San Diego Hills

San Diego Hills yang kini identik dengan tempat makam para artis dan keluarganya dipilih bukan tanpa alasan, selain memiliki landscape yang indah dan bernuansa mewah, fasilitas di San Diego Hills pun disediakan dengan sangat baik. Berbagai fasilitas penunjang dipersiapkan oleh manajemen San Diego Hills untuk keluarga yang tengah berduka ataupun keluarga yang berziarah di pemakaman ini. Jadi tidak heran banyak artis yang memilih lahan makam di San Diego Hills sebagai makam keluarga atau orang yang dicintainya.

Siapa saja deretan artis terkenal dan keluarganya yang dimakamkan di pemakaman San Diego Hills? Ini daftar nya..

1. Ashraf Sinclair

Artis dimakamkan di San Diego Hills

Artis Ashraf Sinclair dimakamkan di area pemakaman muslim San Diego Hills, tepatnya di Mansion Al Majid. Suami dari artis Bunga Citra Lestari ini meninggal dunia akibat serangan jantung pada selasa dini hari tanggal 18 Februari 2020. Artis asal Malaysia ini sempat dibawa ke rumah sakit MMC Jakarta selatan, namun kondisinya tidak dapat tertolong. Jenazah almarhum Ashraf pada saat itu disemayamkan di kediamannya bilangan Pejatan, Jakarta selatan. Ashraf Sinclair menghembuskan napas terakhirnya pada usia 40 tahun setelah mengalami serangan jantung sekitar pukul 3 dini hari

Ashraf Sinclair yang menikah dengan Bunga Citra Lestari ini lahir di London, Inggris, pada tanggal 18 September 1979. Adik dari model Aishah Sinclair ini dikenal sejak berperan dalam film Gol dan Gincu pada tahun 2005. Ashraf kemudian melanjutkan karier aktingnya dengan membintangi film Saus Kacang (2008) dan beberapa sinetron dan FTV di layar kaca Indonesia. Sejak tahun 2008 hingga tahun 2020 sudah 13 judul sinetron yang ia bintangi. Ashraf Sinclair meninggalkan seorang istri (BCL) dan seorang putra bernama Noah Sinclair.

2. Raymond Hartanto (Adik Boy William)

Boy william san diego hills

Raymond Hartanto adalah adik dari seorang artis, presenter, dan juga youtuber ternama di Indonesia bernama Boy William. Raymond mengalami kecelakaan tunggal pada saat mengendarai motornya di Jalan Kaliurang, Yogyakarta. Anak kedua dari pasangan Hartono Hartanto dan Yulianti Lizuardi ini juga dimakamkan di area Pemakaman Universal di San Diego Hills. Boy William kehilangan adik tercintanya pada bulan September 2019.

3. Arswendo Atmowiloto

Artis dimakamkan di San Diego Hills

Arswendo Atmowiloto dikenal sebagai sastrawan dan wartawan di berbagai surat kabar dan majalah di tanah air. Diantara profesi media yang digelutinya adalah menjadi wartawan Kompas dan pemimpin redaksi di majalah Hai, Monitor, dan Senang. Arswendo lahir pada 26 November 1948 di Solo, Jawa Tengah. 

Jalur pendidikan Arswendo Atmowiloto masuk ke Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra IKIP di Solo memang tidak sampai selesai, namun ia pernah mengikuti International Writing Program di Universitas Iowa, Amerika Serikat pada tahun 1979. 

Nama Arswendo dikenal luas setelah mendirikan rumah produksi dan menghasilkan sinetron berdasarkan trilogi novel yang dibuatnya, “Keluarga Cemara”.  Selain itu, sebagai sastrawan Arswendo juga memiliki beberapa karya tulis antara lain berupa naskah drama, cerpen, novel, dan puisi. Beberapa karyanya adalah Sleko (1971), Ito (1973), Lawan Jadi Kawan (1973).

4. Ferry Wijaya, suami dari artis Ririn Ekawati

Ririn Ekawati san diego hills

Ferry Wijaya adalah suami dari pemain sinetron dan bintang film Ririn Ekawati. Ferry Wijaya meninggal dunia karena menderita penyakit leukemia kronis. Kepergian suami Ririn Ekawati ini terjadi ketika sang artis sedang menjalankan ibadah umroh di tanah suci. Ririn langsung pulang ke tanah air setelah mendengar suaminya mengalami kondisi yang kian memburuk. Pada minggu 11 juni 2017, Ferry Wijaya dibawa ke Rumah Sakit Pondok Indah karena kondisi yang semakin parah, almarhum menghembuskan nafas terakhir di rumah sakit tersebut. Suami dari artis Ririn Ekawati ini kemudian dimakamkan di pemakaman San Diego Hills Memorial Park.

5. Oivia Dewi

Olivia Dewi san diego hills

Olivia Dewi merupakan model sampul majalah berusia 17 tahun. Olivia meninggal dunia akibat kecelakan mobil di depan Gedung Sentana kavling 7, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat. Tabrakan mengakibatkan mobil yang dikendarai Olivia Dewi terbakar dan meledak di lokasi kejadian. Olivia meninggal dunia akibat luka bakar serius, sedangkan temannya yang semobil, Joey Sebastian, berhasil diselamatkan. Olivia sebagai pengemudi sekaligus korban meninggal di lokasi kecelakaan pada Sabtu 10 Maret 2012. 

Jenazah Olivia disemayamkan di rumah duka Rumah Sakit Dharmais, dan dikuburkan pada Senin 12 Maret 2012 di pemakaman San Diego Hills, Karawang Barat.

6. Oka Mahendra Putra

Artis dimakamkan di San Diego Hills

Selain sebagai CEO dari Takis Entertainment, Oka Mahendra Putra adalah mantan kekasih sekaligus manager dari selebgram terkenal bernama Awkarin. Oka menghembuskan nafas terakhir pada 18 Juli 2017, dua hari sebelum perayaan hari lahirnya. Walaupun penyebab kematiannya simpang siur, Oka Mahendra diduga meninggal karena penyakit yang dideritanya. Oka juga merupakan salah satu artis yang dimakamkan di komplek pemakaman San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat.

7. Hertadi, ayah dari artis Olga Lydia

Artis dimakamkan di San Diego Hills

Ayah dari artis Olga Lydia ini meninggal karena penyakit pneumonia atau infeksi paru-paru yang biasa disebabkan oleh bakteri, virus, ataupun jamur. Hertadi masuk rumah sakit sejak tanggal 16 Oktober 2019, namun atas permintaan keluarga diperbolehkan pulang oleh dokter, tapi kemudian meninggal di kediamannya. Almarhum Hertadi menghembuskan nafas terakhir pada usia 84 tahun. Almarhum disemayamkan di Rumah Duka Grand Heaven, Pluit, Jakarta Utara, kemudian dikuburkan di Pemakaman San Diego Hills Memorial Park.

8. Josephine Mekel Cambey, ibunda dari vokalis Once.

Artis dimakamkan di San Diego Hills

Mungkin tidak banyak yang tahu siapa Josephine Mekel Cambey. Beliau adalah ibunda dari Elfonda Mekel, atau yang lebih dikenal dengan nama Once, mantan vokalis dari Band Dewa 19 besutan Ahmad Dhani.

Ibu dari Once Mekel ini meninggal pada 26 Juni 2020 di rumah sakit Pondok Indah karena kesehatannya yang sudah semakin menurun. Beliau meninggal pada usia yang cukup panjang yakni di usia 80 tahun. Setelah prosesi dan upacara pemakaman, jenazah Josephine Mekel Cambey dibawa ke Pemakaman San Diego Hills untuk dimakamkan disana. Berita kepergian almarhumah tidak terlalu ramai di media massa karena adanya pandemi Covid-19 yang sedang melanda Indonesia. Keluarga membatasi jumlah pelayat yang turut dalam proses pemakaman tersebut untuk mengikuti aturan pemerintah terkait kerumunan di masa pandemi.

Itulah beberapa artis yang memilih makam San Diego Hills sebagai tempat peristirahatan terakhir untuk dirinya maupun untuk keluarga yang dicintainya. Berbagai kelebihan San Diego Hills yang dimiliki menjadikan pemakaman ini sebagai pilihan di kalangan artis dalam memilih lahan makam untuk keluarga. 

Hidup tidak akan selamanya, mereka tahu kematian tidak bisa ditentukan kapan datangnya, hanya doa dan persembahan terbaik kepada orang tercinta yang dapat diberikan setelah keluarga tiada. 

Sistem Promo Paket

Tipe Single Burial memiliki beberapa pilihan paket yang ditawarkan, diantaranya: