Coffin Dance, Tarian Pemakaman di Ghana

Apakah anda pernah melihat mereka melakukan tarian unik coffin dance di acara pemakaman??

coffin dance, tarian Pemakaman unik di Ghana

Selamat.. Jika anda mengenalnya berarti sebagai kaum rebahan seperti saya anda memilki pengetahuan yang luas dan up to date terhadap perkembangan di dunia maya.

Di tengah maraknya wabah corona dan permasalahan makam covid-19 saat ini, sebagian besar masyarakat dihimbau untuk melakukan isolasi diri dengan tidak melakukan aktivitas di luar rumah untuk mencegah penyebaran pandemi virus ini. Langkah preventif dan bahkan koersif dilakukan hampir di semua negara di dunia untuk menekan angka penularan dengan cara lock down ataupun pembatasan sosial berskala besar.

Ketika sebagian besar penduduk diwajibkan berada di dalam rumah umumnya menghabiskan waktu dengan mengikuti trend di media sosial di internet. Bagi yang biasa scrolling timeline di media sosial pasti sudah tidak asing dengan mereka-mereka yang ada di dalam foto tersebut. Mereka hilir mudik di timeline media sosial, di platform-platform seperti Youtube, Instagram, TikTok, ataupun viral melalui media komunikasi Whatsapp. Foto dan video coffin dance banyak dijadikan meme dan video lucu di tangan-tangan kreatif para netizen.

Sebagian besar content creator menggabungkan berbagai video kejadian maut atau berbahaya dimana pada akhir video tersebut kemudian muncul video para pengusung jenazah ini yang menari dengan tarian step dance bernuansa bahagia dengan alunan irama lagu yang upbeat .

Awal Mula Video Coffin Dance

Video “Coffin Dance” ini biasanya dikemas dengan soundtrack lagu berjudul “Astronomia” milik artis dan komposer berkebangsaan Rusia yang memiliki nama populer “Tony Igy”, nama aslinya sendiri adalah Anton Igumnov. Tony Igy yang berkolaborasi dengan “Vicetone” menghasilkan musik dengan nuansa techno dan upbeat sehingga cocok dengan tarian yang dilakukan oleh para pengusung jenazah yang ada di video tersebut.

Siapa Para Pengusung Jenazah Tersebut??

Dilansir dari BBC News Chanel, para pengusung jenazah yang viral itu berasal dari Negara Ghana. Video tersebut bukanlah video settingan, dan proses pemakaman bertema “bahagia” itu memang benar-benar dilakukan di Ghana. Tidak seperti kebanyakan pemakaman di Indonesia, tradisi pemakaman dengan tarian seperti itupun mulai populer dilakukan oleh masyarakat disana.

Viralnya video Coffin Dance ini diawali oleh video yang diunggah oleh ”Travelin Sister” di YouTube pada tahun 2015, video itu dibuat ketika dia menghadiri pemakaman ibu mertuanya di Ghana dan menyaksikan secara langsung tradisi pemakaman ini. Setelah diunggah di Youtube video tersebut bahkan sampai memperoleh 4 juta penonton.

Video kedua kemudian diunggah oleh BBC pada tahun 2017. Video ini berupa film dokumenter pendek yang menjelaskan peran dari para pengusung jenazah yang menari pada pemakaman di Ghana tersebut. Seperti yang disampaikan oleh Benjamin Aidoo sebagai pemimpin pengusung jenazah, ide awalnya adalah ia ingin menawarkan pilihan kepada klien apakah ingin sebuah acara pemakaman tradisional yang khidmat (baca:serius) atau pemakaman dengan menggunakan tambahan koreografi tarian pada acara pemakaman.

Sebelum melangsungkan pertunjukan, pemimpin Palbearers Dance ini bertanya kepada keluarga yang berduka atas pilihan tersebut. Salah satu alasan dipilih prosesi pemakaman yang bertema “bahagia” ini adalah keinginan pihak keluarga almarhum yang berharap mereka bisa melihat almarhum ikut berbahagia dengan tarian yang dihadirkan menuju tempat peristirahatan terakhirnya dan kembali kepada sang pencipta. Harga pemakaman dengan paket tarian ini pun juga berbeda dengan biaya pemakaman di Jakarta..

Coffin Dance Viral

Dua tahun kemudian, pengguna Facebook bernama “Bigscout Nana Prempeth” mengunggah video ketiga, di mana para pengusung jenazah secara tidak sengaja menjatuhkan peti mati selama pertunjukan. Video ini memperoleh lebih dari 2.900 tanggapan, dibagikan lebih dari 4.600 kali, dan 350.000 view dalam satu tahun.

Hingga pada bulan Februari 2020 video-video tersebut banyak diunggah kembali (biasanya oleh pengguna aplikasi TikTok) dengan tujuan lain.

Itulah sejarah munculnya video Coffin Dance yang viral hingga saat ini. Walaupun bertema pemakaman, semoga video dan meme yang muncul dapat menghibur masyarakat yang tengah menanti berakhirnya pandemi covid-19 ini.

Stay home, stay safe..

San Diego Hills Memorial Park

San Diego Hills

Sistem Promo Paket

Tipe Single Burial memiliki beberapa pilihan paket yang ditawarkan, diantaranya:

Tipe lahan makam san diego hills
MansionKetersediaan
 Serenity Available
 Crown N/A
 Eden N/A
 Sunshine Available 
 Light N/A
 AdorationN/A
pemakaman islam San Diego Hills
MansionKetersediaan
 Al Halim  Available
 Isya
 Available
 Al Jamil Available 
 Mercy Available 
 Charity N/A
 Al MajidAvailable
Pemakaman Chinese san diego hills
MansionKetersediaan
 Rumah Abu Available
 Lotus N/A
 Willow N/A
 Emerald Available
 Bong Pi N/A

Bagikan informasi ini dengan klik tombol dibawah ini

Share on facebook
Facebook
Share on pinterest
Pinterest
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
0811 9888 959
Chat Whatsapp